Pekerjaan Sampingan Bagi PNS, Coba Yuk!

Pekerjaan Sampingan bagi PNS? Kenapa tidak? Mempunyai sebuah usaha tidak hanya harus dimiliki oleh pegawai swasta. Pegawai negeri pun bisa mempunyai usaha sampingan, dan bisa jadi usaha sampingan tersebut malah menjadi usaha utama.

Banyak PNS di luar sana yang justru penghasilan terbesarnya bukan dari gajinya sebagai PNS, tapi dari usaha sampingannya. Banyak juga PNS yang rela berhenti dari PNS karena sudah mapan di luar dunia PNS.

Bisnis Sampingan PNS

Sebut saja Helmy Yahya, yang dulunya adalah lulusan dari STAN, lalu menjadi PNS di BPKP, dan akhirnya keluar dari BPKP karena karir di luar ternyata lebih sukses.

Orang-orang sukses dengan label orang terkaya, adalah orang-orang yang kreatif, mau berusaha, mampu memanfaatkan peluang, dan pantang menyerah. So, tentang bisnis sampingan bagi PNS, mengapa tidak?

Banyak peluang usaha yang dimiliki oleh seorang PNS, tinggal bagaimana PNS yang bersangkutan mau belajar dan mau mencoba. Dibandingkan dengan orang biasa yang bukan pegawai atau pegawai swasta lainnya, seorang PNS tentunya punya kelebihan dalam memulai sebuah bisnis.

Kelebihan PNS dalam Memulai Bisnis/Usaha


Seorang PNS setidaknya mempunyai dua kelebihan dalam memulai usaha sampingan dibandingkan pegawai yang lain. Kelebihan tersebut adalah:

1. Modal dari Gaji


Alasan utama dalam memulai sebuah bisnis atau usaha biasanya adalah masalah modal. Banyak orang tidak bisa memulai usaha karena terhambat dengan modal. Modal juga selama ini menjadi salah satu fokus utama pemerintah dalam mengembangkan Usaha Kecil dan Usaha Menengah. Sering kita dengar adanya kredit perbankan bernama Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Jika anda seorang PNS, sebenarnya anda punya langkah lebih maju dari yang lain dalam hal modal, karena anda punya gaji tetap tiap bulannya yang tetap akan anda terima selama anda menjadi PNS.

Modal yang berasal dari gaji ini bisa anda kumpulkan dengan cara menabung. Anda bisa menyisihkan sebagian gaji anda, lalu memutar uang yang terkumpul tersebut untuk usaha yang cocok dengan passion anda.

Jika menabung anda anggap terlalu lama dan sulit mendapatkan uang yang besar, langkah selanjutnya bisa anda tempuh dengan cara pinjam uang ke bank. Menjadi PNS adalah paling mudahnya orang untuk bisa mendapat kredit dari bank.

Hanya dengan membawa SK CPNS, SK PNS, Kartu Pegawai, dan Kartu Taspen, anda akan mendapatkan kredit dari bank dengan nominal di atas 100jutaan. Sesuai dengan gaji yang anda peroleh tentunya.

Syarat yang diminta oleh bank untuk pengajuan kredit anda tidak akan seribet orang yang bukan PNS.

Tidak percaya? Silakan dicoba. Bahkan orang bank biasanya yang lebih aktif datang ke kantor anda untuk mengajukan pinjaman.

2. Waktu Luang


Seorang PNS mempunyai waktu luang lebih banyak dibandingkan dengan seorang pegawai swasta. Lihat saja, seorang guru PNS tengah hari sudah pulang dari sekolah, maka sorenya bisa dipakai untuk usaha sampingan.

Pegawai Pemda juga biasanya pulang lebih awal dibandingkan dengan PNS pada Kementerian/Lembaga. Jam 3 sore biasanya sudah tidak ada di kantor lagi. Banyak juga yang pulang kantornya jam 12 siang.

Waktu luang yang lebih banyak ini merupakan peluang bagi PNS untuk mempunyai bisnis baru atau usaha baru. Manfaatkan waktu luang untuk menghasilkan uang.

Bisnis Sampingan Bagi PNS


Bisnis sampingan bagi PNS sebenarnya banyak sekali. Kreatifitas seorang PNS harus diasah untuk memanfaatkan peluang. Selama ini PNS terkenal dengan pegawai yang kurang kreatif dan hanya menjalankan rutinitas.

Memang tidak semuanya seperti itu. Banyak juga PNS yang sukses dengan bisnisnya. Tetangga saya dulu, seorang guru SD, bisa kaya dari bisnisnya dengan berdagang atau menjadi pengumpul barang-barang dari petani.

Baiklah, sesuai dengan topik, berikut ini beberapa pekerjaan sampingan bagi PNS yang layak anda coba:

1. Membuka Praktik di Rumah


Pekerjaan sampingan bagi PNS yang pertama adalah membuka praktik di rumah, apabila anda adalah seorang PNS yang mempunyai skill tertentu atau keahlian tertentu. Jika anda mempunyai kelebihan dalam suatu bidang tertentu, maka anda harus membuka usaha di rumah anda.

a. Konsultan Pajak

Jika anda ahli dalam hal pajak, maka anda bisa membuka praktik di rumah anda dengan menjadi seorang konsultan pajak. Orang-orang kaya, perusahaan-perusahaan, koperasi-koperasi, dan dunia usaha lain biasanya membutuhkan jasa konsultan pajak.

b. Pertanian, Peternakan, Perkebunan

Selanjutnya, jika anda orang yang ahli dalam hal pertanian ataupun peternakan, anda harus mempraktikan kemampuan anda dalam hal pertanian atau peternakan. Beberapa usaha pertanian, peternakan, perkebunan yang layak dicoba adalah:
  • Menanam sayur, jika dapat harga mahal hasilnya sangat menguntungkan.
  • Menanam lada, satu kg lada kering saja harganya di atas 100ribu.
  • Beternak burung, kakak saya beternak burung murai, satu anak burung murai umur kurang lebih 1 bulanan saja sudah dihargai 2 jutaan.
  • Menanam Singkong.
  • Menanam karet, kelapa sawit.

Pernah saya menjumpai seorang PNS di Dinas Kesehatan, dia sukses dengan hasil singkongnya. Ya, PNS Dinas Kesehatan tersebut, memiliki usaha sampingan dengan menanam singkong. Berapa luas lahan yang ditanami singkong? 10 hektar.

Selanjutnya beliau cerita kepada saya, bahwa 1 hektar lahan yang ditanami singkong, menghasilkan kurang lebih Rp30 juta sekali panen. Jika ada 10 hektar lahan singkong, maka sekali panen beliau mengantongi uang sekitar Rp300juta.

Hebat bukan? Kata siapa bertani tidak bisa membuat orang menjadi kaya?

Pertanyaan selanjutnya, apakah lahan seluas 10 hektar tersebut beliau beli? Banyak amat modal untuk membeli tanah?

Tidak, lahan tersebut tidak beliau beli. Beliau menyewa lahan tersebut dengan harga sewa sebesar Rp3juta per tahun.

Bagi anda yang berada di lingkungan yang masih banyak tanah kosong, bisa coba usaha sampingan ini, dengan menyewa tanah lalu anda tanami singkong. Atau mungkin juga anda beli tanah untuk ditanami kelapa sawit, karet, atau tanaman lainnya.

c. Bimbel/Les Privat

Jika anda seorang guru, anda juga bisa membuka praktik di rumah anda dengan membuka bimbingan belajar atau les privat. Apalagi jika anda hidup di kota, bimbel atau les privat ini sangat laku dan dicari dimana-mana.

Saya juga pada saat kuliah dulu bekerja sampingan dengan mengajar les privat untuk biaya hidup saya selama kuliah.

d. Praktik Dokter

Jika anda seorang dokter, lebih mudah lagi bagi anda membuka praktik di rumah, pasien pasti akan berdatangan ke rumah anda. Saat ini jumlah dokter di Indonesia masih kurang banyak dan tempat-tempat praktik dokter tidak pernah sepi pasien.

e. KAP

Atau jika anda seorang akuntan, anda bisa bekerja pada Kantor Akuntan Publik atau membuka Kantor Akuntan Publik sendiri. Tentunya jam kerjanya harus di luar jam kerja anda.

f. Freelance

Seorang PNS Pranata Komputer, yang ahli mengenai komputer juga bisa membuka praktik di rumah, misal membuka kursus, menerima proyek pembuatan software tertentu, menciptakan produk dengan hak cipta, dan lainnya.

Masih banyak pekerjaan sampingan bagi PNS yang bisa dipraktikkan di rumah bagi PNS yang mempunyai skill tertentu.

2. Marketing


Pekerjaan sampingan bagi PNS selanjutnya adalah terjun dalam dunia marketing. Dunia marketing ini banyak sekali macamnya, di antaranya:

a. Menjual Produk Sendiri

Yang pertama tentu saja, anda bisa berjualan sendiri barang-barang milik anda baik secara online ataupun offline.

Berjualan secara online bisa dilakukan dengan cara membuat toko online, atau promosi lewat media sosial saja seperti facebook dan twitter tanpa membuka toko online, atau gabungan dari keduanya.

Banyak sekali saya jumpai kawan-kawan saya seorang PNS yang berbisnis online dengan menjual beraneka macam produk. Ada pakaian dan perlengkapan bayi, tas, sepatu, aksesoris, perlengkapan olah raga terutama bola, produk-produk bermerk, dan barang-barang lainnya.

Bisnis juga bisa anda lakukan dengan cara offline. Anda bisa membawa barang-barang anda ke kantor lalu tawarkan kepada teman-teman anda. Barang yang anda tawarkan tidak harus baju, tas, atau yang lain. Makanan pun bisa anda tawarkan kepada teman kantor anda.

Saya juga mendapati ada seorang PNS yang berbisnis buah-buahan. Buah-buahan tersebut ia bawa ke kantor dan ditawarkan kepada teman-teman kantornya. Hasilnya pun lumayan.

Atau yang sudah banyak dipraktikkan oleh orang, baik pegawai, mahasiswa, maupun anak sekolah, yaitu berjualan pulsa. Hari gini, siapa sih yang gak butuh pulsa?

Semua tinggal kemauan dan keberanian anda dalam menawarkan produk.

b. Menjadi marketer/makelar

Selain berjualan barang-barang produk sendiri, anda juga bisa menjadi perantara untuk menawarkan produk orang lain. Misalkan saja, anda menjadi makelar atau marketer dari sebuah Perumahan.

Anda bisa menawarkan kepada teman kantor anda, tetangga anda, sahabat anda, kenalan anda, untuk membeli rumah dari sebuah Perumahan. Dari rumah yang dibeli, anda akan mendapatkan komisi tertentu.

Tentunya tidak hanya rumah, bisa saja anda menawarkan tanah yang akan dijual atau properti lainnya.

Bisa juga anda menjadi marketer bisnis lainnya seperti asuransi, produk kecantikan, produk kesehatan, dan mungkin juga kendaraan bermotor.

3. Rental/Sewa Barang


Usaha sampingan bagi PNS lainnya yang dapat anda coba adalah membuat usaha dalam bidang rental atau sewa menyewa. Beberapa usaha rental yang bisa anda coba adalah:

a. Rental Sepeda Motor

Usaha rental yang satu ini layak anda coba, terutama jika daerah anda merupakan daerah dengan banyak potensi wisata. Usaha rental ini akan lebih cocok jika digabungkan dengan usaha penginapan.

Saya punya pengalaman menyewa sepeda motor sewaktu saya berlibur ke Jogja pada bulan September 2015 lalu. Saya menginap di salah satu penginapan murah di sana. Hanya Rp100.000,- per malam. Kebetulan penginapan tersebut menyediakan jasa rental motor juga.

Karena ingin lebih mobile sewaktu jalan-jalan, dan kebetulan saya cuma bertiga bersama istri dan anak saya yang masih 3 tahun, maka saya putuskan menyewa motor dengan harga sewa Rp70.000,- per hari.

Coba anda bayangkan, harga sewa motor Rp70.000,- per hari, jika satu bulan full disewa oleh orang maka dalam satu bulan anda akan mendapatkan tambahan penghasilan kurang lebih 2,1 juta.

Tidak sampai 1 tahun, anda sudah bisa balik modal untuk biaya membeli motor. Sangat lumayan bukan?

b. Sewa Tarub/Tenda untuk Hajatan

Usaha sewa selanjutnya yang dapat anda coba adalah sewa tenda untuk keperluan hajatan. Anda hanya perlu membeli tenda dan peralatan lainnya, lalu jika tidak sempat mengurus sendiri, anda bisa membayar orang untuk mengatur pada saat acara hajatan.

c. Rental Komputer Plus Fotokopi

Usaha rental ini sangat cocok dilakukan di lokasi dekat kampus atau sekolahan. Dengan membuka usaha rental komputer, fotokopi, anda sekaligus bisa menjual alat tulis kantor serta pulsa atau barang-barang lain di tempat usaha anda. Bisa juga ditambah dengan warnet.

Usaha ini pun bisa anda tinggal pergi, tinggal menggaji karyawan untuk bekerja di sana. Jadi tidak menyita banyak waktu.

4. Menjadi seorang blogger


Menjadi seorang blogger juga merupakan bisnis online sampingan bagi PNS yang sangat menjanjikan. Waktu luang yang dimiliki oleh PNS dapat digunakan untuk membuat sebuah blog. Tema blog dapat disesuaikan dengan pekerjaannya sehari-hari.

Sebelum membahas tema, mungkin ada yang masih ragu apakah blog bisa menghasilkan uang dan menjadikan orang menjadi kaya?

Sangat bisa.

Jika anda kenal Eka Lesmana, dulunya ia hanyalah karyawan sebuah toko dengan penghasilan yang tidak seberapa. Beliau juga hanya lulusan SMP. Itu dulu.

Berapa penghasilan Eka Lesamana sekarang?

Ratusan Juta per bulan. Berapa penghasilan anda per bulan dari PNS? Mengumpulkan ratusan juta mungkin butuh waktu puluhan tahun bagi PNS. Tapi, Eka Lesmana, meskipun hanya lulusan SMP, punya penghasilan yang begitu fantastis dari blog.

Tidak ada salahnya bagi anda yang punya waktu luang untuk memiliki sebuah blog. Tema blog anda sesuaikan dengan apa yang anda kuasai.

Bagi anda seorang Guru Bahasa Inggris, anda dapat membuat sebuah blog tentang pembelajaran Bahasa Inggris. Anda dapat membuat tulisan-tulisan yang bermanfaat untuk orang lain dan bisa jadi suatu saat menghasilkan uang yang luar biasa.

Bagi anda seorang dokter, anda dapat menulis blog seputar kedokteran. Anda dapat berbagi tips-tips seputar kesehatan dan penyakit. Jika anda aktif berinteraktif dengan pembaca dengan melakukan tanya jawab, dialog interaktif, pasti blog anda laku keras karena akan ada konsultasi online gratis dengan blog anda.

Dan masih banyak lagi tema-tema lain yang dapat anda jadikan tema blog anda. Namun, perlu diingat satu hal, menghasilkan uang dari blog tidak bisa dilakukan dalam waktu instan. Kesabaran adalah kunci kesuksesan seorang blogger.

Selamat Mencoba!

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Pekerjaan Sampingan Bagi PNS, Coba Yuk!"

  1. bisnis online salah satu bisnis yang mantep untuk di jalanin. terimakasih gan.

    ReplyDelete